PULAU MADURA yang
terletak di Jawa Timur ramai melahirkan ulama besar sejak zaman dulu hingga
sekarang. Salah seorang di antara mereka yang diriwayatkan ini, nama lengkapnya
ialah Kiyai Haji Muhammad Khalil bin Kiyai Haji Abdul Lathif bin Kiyai Hamim
bin Kiyai Abdul Karim bin Kiyai Muharram bin Kiyai Asrar Karamah bin Kiyai
Abdullah bin Sayid Sulaiman.
Yang terakhir ini
(Sayid Sulaiman) dikatakan adalah cucu Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung
Jati yang terkenal itu. Silsilah selanjutnya, adalah Syarif Hidayatullah itu
putera Sultan Umdatuddin bin Umdatullah bin Abdullah yang memerintah di Cam
(Campa). Ayahnya pula ialah Sayid Ali Nurul Alam bin Sayid Jamaluddin al-Kubra
(wafat di Tuwajok, Sulawesi), dan seterusnya hingga ke atas.
Memperhatikan silsilah
di atas, maka berarti ulama yang berasal dari Pulau Madura yang diriwayatkan
ini, sama asal silsilahnya dengan Syeikh Nawawi al-Bantani atau Imam Nawawi
ats-Tsani ulama yang berasal dari Banten, Jawa Barat, yang riwayatnya telah
dimuat dalam Ruangan Agama, Utusan Malaysia, 7 Februari 2005. Dalam silsilah
Syeikh Nawawi al-Bantani, Sayid Ali Nurul Alam itu bernama Ali Nuruddin,
disebutkan al-mutawaffa fil Anam bis Shin (maksudnya wafat di Anam, negeri
China).
Dalam silsilah ulama
Patani, Ali Nurul `Alam itu bernama Ali al-Masyhur al-Laqihi. Pada masa mudanya
pernah ke Jawa, kemudian menyebarkan Islam ke Madura dan Sumbawa, kemudian
pulang ke Cam/ Campa dan seterusnya ke Patani memperoleh beberapa orang anak.
Di antaranya bernama Wan Muhammad Shalih al-Laqihi al-Fathani. Beliau ini
memperoleh seorang anak, iaitu Zainal Abidin bin Faqih Wan Musa al-Fathani,
kuburnya telah ditemui di Kampung Tok Diwa, Sena, Patani. Beliau adalah ulama
yang membuka Kampung Sena, Patani. Memperhatikan catatan ini berarti bahawa Wan
Muhammad Shalih al-Laqihi adalah saudara seayah dengan Sultan Umdatuddin di
Cam/Campa itu karena keduanya putera Ali Nurul `Alam. Berarti pula bahwa Faqih
Wan Musa al- Fathani adalah saudara sepupu dengan Syarif Hidayatullah/Sunan
Gunung Jati, salah seorang Wali Sembilan (di Jawa) yang sangat terkenal itu, karena
keduanya adalah cucu Ali Nurul `Alam. Wan Muhammad Shalih al-Laqihi keturunan
lurusnya ke bawah, yaitu Syeikh Wan Ahmad bin Muhammad Zain al-Fathani. Ali
Nurul `Alam yang tersebut itu wafat di Cam/Campa, yang oleh kebanyakan penulis,
terutama penulis-penulis Indonesia, mengatakan di Anam itu. Dalam catatan ulama
Patani disebut bahawa jenazah Ali Nurul `Alam itu telah dipindahkan ke Binjal
Lima Patani.
Karena itu, silsilah
Kiyai Khalil al-Maduri (Madura) selain satu silsilah dengan Syeikh Nawawi
al-Bantani, berarti juga satu silsilah dengan Syeikh Ahmad al-Fathani. Catatan
ini saya nyatakan di sini adalah hasil penyelidikan terkini, dan keterangan
selengkapnya saya bicarakan dalam Tabaqat Ulama Asia Tenggara jilid 1.
Pendidikan
Kiyai Muhammad Khalil dilahirkan pada 11 Jamadilakhir 1235 Hijrah/27 Januari 1820 Masihi di Kampung Senenan, Desa Kemayoran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur. Kiyai Haji Muhammad Khalil berasal daripada keluarga ulama. Pendidikan dasar agama diperolehnya langsung daripada keluarga.
Kiyai Muhammad Khalil dilahirkan pada 11 Jamadilakhir 1235 Hijrah/27 Januari 1820 Masihi di Kampung Senenan, Desa Kemayoran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur. Kiyai Haji Muhammad Khalil berasal daripada keluarga ulama. Pendidikan dasar agama diperolehnya langsung daripada keluarga.
Menjelang usia
dewasa, beliau dikirim ke berbagai-bagai pondok pesantren. Sekitar 1850-an,
ketika usianya menjelang tiga puluh, Kiyai Muhammad Khalil belajar kepada Kiyai
Muhammad Nur di Pondok-pesantren Langitan, Tuban, Jawa Timur. Dari Langitan
beliau pindah ke Pondok-pesantren Cangaan, Bangil, Pasuruan. Kemudian beliau
pindah ke Pondok-pesantren Keboncandi. Selama belajar di pondok-pesantren ini
beliau belajar pula kepada Kiyai Nur Hasan yang menetap di Sidogiri, 7
kilometer dari Keboncandi. Kiyai Nur Hasan ini, sesungguhnya, masih mempunyai
pertalian keluarga dengannya.
Dalam masa masih
menjadi santeri/pelajar di beberapa pondok-pesantren di Jawa lagi Muhammad
Khalil telah menghafal beberapa matan, yang pasti ialah Matan Alfiyah Ibnu
Malik (1,000 bait) mengenai ilmu nahu yang terkenal itu. Selanjutnya beliau
juga seorang hafiz al-Quran tiga puluh juz. Beliau berkemampuan dalam qiraah sab’ah
(tujuh cara membaca al-Quran). Tidak jelas apakah al-Quran tiga puluh juz telah
dihafalnya sejak di Jawa atau pun setelah menetap di Mekah berpuluh-puluh
tahun.
Pada 1276
Hijrah/1859 Masehi, Kiyai Muhammad Khalil melanjutkan pelajarannya ke Mekah. Di
Mekah Kiyai Muhammad Khalil al-Maduri bersahabat dengan Syeikh Nawawi
al-Bantani. Ulama-ulama dunia Melayu di Mekah yang seangkatan dengan Syeikh
Nawawi al-Bantani (lahir 1230 Hijrah/1814 Masihi), Kiyai Khalil al-Manduri
(lahir 1235 Hijrah/1820 Masihi), Syeikh Muhammad Zain bin Mustafa al-Fathani
(lahir 1233 Hijrah/1817 Masihi), Syeikh Abdul Qadir bin Mustafa al-Fathani
(lahir 1234 Hijrah/1818 Masihi), Kiyai Umar bin Muhammad Saleh Semarang dan banyak
lagi.
Di antara gurunya
di Mekah ialah Syeikh Utsman bin Hasan ad-Dimyathi, Saiyid Ahmad bin Zaini
Dahlan, Syeikh Mustafa bin Muhammad al-Afifi al-Makki, Syeikh Abdul Hamid bin
Mahmud asy-Syarwani dan ramai lagi. Beberapa sanad hadis yang musalsal diterima
daripada sahabatnya Syeikh Nawawi al-Bantani dan Abdul Ghani bin Subuh bin
Ismail al-Bimawi (Bima, Sumbawa). Walau pun Syeikh Ahmad al-Fathani jauh lebih
muda daripadanya, yaitu peringkat anaknya, namun kerana tawaduknya, Kiyai
Muhammad Khalil al-Maduri pernah belajar kepada ulama yang berasal dari Patani
itu. Kiyai Muhammad Khalil al-Maduri termasuk generasi pertama mengajar karya
Syeikh Ahmad al-Fathani berjudul Tashilu Nailil Amani, tentang nahu dalam
bahasa Arab, di pondok-pesantrennya di Bangkalan. Karya Syeikh Ahmad al-Fathani
yang tersebut kemudian berpengaruh dalam pengajian ilmu nahu di Madura dan Jawa
sejak itu, bahkan hingga sekarang masih banyak pondok-pesantren tradisional di
Jawa dan Madura diajarkan kitab itu.
Saya tidak
sependapat dengan tulisan yang menyebut bahwa Kiyai Muhammad Khalil teman
seangkatan dengan Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau dan Syeikh Muhammad Yasin
Padang (majalah Amanah 42 dan Ensiklopedia Islam Indonesia), karena sewaktu
Kiyai Muhammad Khalil ke Mekah tahun 1276 Hijrah/1859 Masihi, Syeikh Ahmad
Khatib Minangkabau baru dilahirkan (1276 Hijrah/1859-1860 Masihi). Syeikh
Muhammad Yasin Padang pada waktu itu belum dilahirkan, beliau jauh kebelakang
daripada Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau. Syeikh Yasin Padang meninggal dunia
sekitar tahun 1990an. Kemungkinan ayah Syeikh Yasin Padang, yaitu Syeikh Isa
bin Udik Padang itulah yang bersahabat dengan Syeikh Muhammad Khalil al-Maduri.
Mengenai ilmu
thariqat, Kiyai Muhammad Khalil al-Maduri belajar kepada beberapa orang ulama
thariqat yang terkenal di Mekah pada zaman itu, di antaranya daripada Syeikh
Ahmad Khatib Sambas diterimanya baiat dan tawajjuh Thariqat Qadiriyah dan
Naqsyabandiyah. Thariqat Naqsyabandiyah juga diterimanya dari Sayid Muhammad
Shalih az-Zawawi, dan selainnya banyak lagi, di antaranya termasuk Syeikh Utsman Dimyathi juga.
Sewaktu berada di
Mekah untuk perbelanjaannya sehari-hari, Kiyai Muhammad Khalil bekerja
mengambil upah sebagai penyalin risalah-risalah yang diperlukan oleh para
pelajar. Diriwayatkan bahwa pada waktu itulah timbul ilham antara mereka
bertiga, iaitu: Syeikh Nawawi al-Bantani, Kiyai Muhammad Khalil al-Maduri dan
Syeikh Saleh as-Samarani (Semarang) menyusun kaedah penulisan huruf Pegon.
Huruf Pegon ialah tulisan Arab yang digunakan untuk tulisan dalam bahasa Jawa,
Madura dan Sunda. Huruf Pegon tidak ubahnya tulisan Melayu/Jawi yang digunakan
untuk penulisan bahasa Melayu.
Murid-muridnya yang terkenal
Kiyai Muhammad
Khalil cukup lama belajar di beberapa pondok-pesantren di Jawa dan Mekah, maka
sewaktu pulang dari Mekah, beliau terkenal sebagai ahli/pakar nahwu, fikh,
thariqat ilmu-ilmu lainnya. Untuk mengembangkan pengetahuan keislaman yang
telah diperolehnya, Kiyai Muhammad Khalil selanjutnya mendirikan
pondok-pesantren di Desa Cengkebuan, sekitar 1 kilometer arah Barat Laut dari
desa kelahirannya. Pondok-pesantren tersebut kemudian diserahkan pimpinannya
kepada anak saudaranya, sekali gus adalah menantunya, yalah Kiyai Muntaha.
Kiyai Muntaha ini kawin dengan anak Kiyai Muhammad Khalil bernama Siti
Khatimah. Adapun beliau sendiri (Kiyai Khalil) mendirikan pondok-pesantren yang
lain di Kota Bangkalan, letaknya sebelah Barat kota tersebut dan tidak berapa
jauh dari pondok-pesantrennya yang lama.
Kiyai Muhammad
Khalil al-Maduri adalah seorang ulama yang bertanggungjawab terhadap
pertahanan, kekukuhan dan maju-mundurnya agama Islam dan bangsanya. Beliau sadar
benar bahwa pada zamannya, bangsanya adalah dalam suasana terjajah oleh bangsa
asing yang tidak seagama dengan yang dianutnya. Beliau dan keseluruhan suku
bangsa Madura seratus persen memeluk agama Islam, sedangkan bangsa Belanda,
bangsa yang menjajah itu memeluk agama Kristen. Sesuai dengan keadaan beliau
sewaktu pulang dari Mekah telah berumur lanjut, tentunya Kiyai Muhammad Khalil
tidak melibatkan diri dalam medan fisik, memberontak dengan senjata tetapi mengkaderkan
pemuda di pondok pesantren yang dibangunnya. Kiyai Muhammad Khalil sendiri
pernah ditahan oleh penjajah Belanda karena dituduh melindungi beberapa orang
yang terlibat melawan Belanda di pondok pesantrennya. Baik tokoh ulama maupun
tokoh-tokoh lainnya yang terlibat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tidak
sedikit yang pernah mendapat pendidikan daripada Kiyai Muhammad Khalil
al-Maduri itu.
K.H.Ghozi
menambahkan, dalam peristiwa 10 November, KH. Kholil bersama kiai-kiai besar
seperti KH. Bisri Syansuri, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Wahab Chasbullah dan Mbah
Abas Buntet Cirebon, mengerahkan semua kekuatan gaibnya untuk melawan tentara
Sekutu. Hizib-hizib yang beliau-beliau miliki, dikerahkan semua untuk
menghadapi lawan yang bersenjatakan lengkap dan modern. Sebutir kerikil atau
jagung pun, di tangan kiyai-kiyai itu bisa difungsikan menjadi bom berdaya
ledak besar.
Tak ketinggalan, KH. Kholil mengacau konsentrasi tentara Sekutu dengan mengerahkan pasukan lebah gaib piaraannya. Di saat ribuan ekor lebah menyerang, konsentrasi lawan buyar. Saat konsentrasi lawan buyar itulah, pejuang kita gantian menghantam lawan. ”Hasilnya terbukti, dengan peralatan sederhana, kita bisa mengusir tentara lawan yang senjatanya super modern. Tapi sayang, peran ulama yang mengerahkan kekuatan gaibnya itu, tak banyak dipublikasikan,” papar Kiyai Ghozi, cucu KH. Wahab Chasbullah ini.
Tak ketinggalan, KH. Kholil mengacau konsentrasi tentara Sekutu dengan mengerahkan pasukan lebah gaib piaraannya. Di saat ribuan ekor lebah menyerang, konsentrasi lawan buyar. Saat konsentrasi lawan buyar itulah, pejuang kita gantian menghantam lawan. ”Hasilnya terbukti, dengan peralatan sederhana, kita bisa mengusir tentara lawan yang senjatanya super modern. Tapi sayang, peran ulama yang mengerahkan kekuatan gaibnya itu, tak banyak dipublikasikan,” papar Kiyai Ghozi, cucu KH. Wahab Chasbullah ini.
Kesaktian
lain dari Mbah Kholil, adalah kemampuannya seolah membelah diri. Dia bisa
berada di beberapa tempat dalam waktu bersamaan. Pernah ada peristiwa aneh saat
beliau mengajar di pesantren. Saat berceramah, Mbah Kholil melakukan sesuatu
yang tak terpantau mata. ”Tiba-tiba baju
dan sarung beliau basah kuyub,” cerita KH. Ghozi. Para santri heran.
Sedangkan beliau sendiri cuek, tak mau menceritakan apa-apa. Langsung ngloyor
masuk rumah, ganti baju. Teka-teki itu baru terjawab setengah bulan kemudian.
Ada seorang nelayan sowan KH. Kholil. Dia mengucapkan terimakasih, karena saat
perahunya pecah di tengah laut, langsung ditolong KH. Kholil. ”Kedatangan nelayan itu membuka tabir.
Ternyata saat memberi pengajian, KH. Kholil dapat pesan agar segera ke pantai
untuk menyelamatkan nelayan yang perahunya pecah. Dengan karomah yang dimiliki,
dalam sekejap beliau bisa sampai laut dan membantu si nelayan itu,” papar
KH. yang kini tinggal di Wedomartani Ngemplak Sleman ini.
Di antara sekian banyak
murid Kiyai Muhammad Khalil al-Maduri yang tidak asing lagi, yang cukup umum
diketahui, dalam sejarah perkembangan agama Islam dan bangsa Indonesia ialah
Kiyai Haji Hasyim Asy’ari (pendiri Pondok-pesantren Tebuireng, Jombang, dan pendiri
Nahdhatul Ulama atau singkatannya NU); Kiyai Haji Abdul Wahhab Hasbullah
(pendiri Pondok-pesantren Tambakberas, Jombang); Kiyai Haji Bisri Syansuri
(pendiri Pondok-pesantren Denanyar); Kiyai Haji Ma’shum (pendiri
Pondok-pesantren Lasem, Rembang, adalah ayahanda Kiyai Haji Ali Ma’shum), Kiyai
Haji Bisri Mustofa (pendiri Pondok-pesantren Rembang); dan Kiyai Haji As’ad
Syamsul `Arifin (pengasuh Pondok-pesantren Asembagus, Situbondo). Salah seorang
muridnya yang menyebarkan Islam melalui Thariqat Naqsyabandiyah Ahmadiyah
Muzhariyah ialah Kiyai Haji Fathul Bari. Kiyai Haji Fathul Bari yang tersebut
sangat banyak muridnya di Madura, Jawa dan Kalimantan Barat. Sebagaimana
gurunya, Kiyai Haji Fathul Bari juga dikatakan banyak melahirkan kekeramatan.
Kubur beliau terletak di Kampung Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten
Pontianak, Kalimantan Barat. Dan masih banyak murid Kiyai Muhammad Khalil
al-Maduri yang muncul sebagai tokoh-tokoh besar yang belum sempat dicatat dalam
artikel ringkas ini.
Kiyai Muhammad Khalil
al-Maduri, wafat dalam usia yang lanjut, 106 tahun, pada 29 Ramadan 1341
Hijrah/14 Mei 1923 Masehi. Hampir semua pesantren di Indonesia mempunyai sanad dengan Pesantren KH.
Kholil. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan segala kesalahan-kesalahan beliau diampuni
oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Amin Ya Rabbal 'Alamin.
Mohon diberikan pencerahan...untuk 10 November pastinya adalah tahun 1945 M...sedang wafat KH Kholil adalah 14 Mei 1923...apakah benar pernyataan tersebut diatas?....Matur nuwun
BalasHapusSubhanallah ternyata dari Banten di sebelah barat Jawa sampai dengan Madura
BalasHapusdi sebelah timur Jawa adalah cucu keturunan Mbah Sunan Gunung Jati Syarif Hidayatullah