Foto
Maulana Muhammad Zakariyya An Kandahlawi
3. MENGENAL PENDIDIKAN
MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYYA
Maulana Muhammad Zakariyya dibesarkan
dalam sebuah keluarga yang zuhud dan sederhana. Ayah, Ibu dan Kakeknya sangat
menyayanginya dan mempunyai semangat yang tinggi untuk menjadikan beliau
sebagai seorang yang benar-benar dekat dengan Allahsubhanahu wa ta’ala dan mencontoh sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
Keluarganya mengusahakan agar beliau memiliki kefahaman terhadap ilmu agama dan
tidak terlalu mencintai dunia. Beliau dididik agar menjadi orang yang dermawan
terutama dalam membelanjakan harta di jalan Allah subhanahu wa ta’ala.
Pada usia dua tahun (1318 H atau 1900
M), Muhammad Zakariyya mengikuti
ayahnya, pindah ke Gangoh, di mana ayahnya tinggal bersama Maulana Rashid Ahmad
Gangohi. Di Gangoh, Muhammad Zakariyya adalah salah satu dari delapan puluh
siswa yang belajar di madrasah ayahnya. Maulana Gangohi meninggal dunia pada 8
Jumada ath-Thani 1323 H (11 Agustus 1905), ketika Muhammad Zakaria berumur tujuh tahun.
Pada mulanya, Muhammad Zakariyya
belajar membaca kitab kepada Hakim Abdur Rahman dari Muzaffar Nagar, dokter
shaleh, beliau belajar Qa`idah Baghdadi, dan belajar tulisan Arab. Kemudian
belajar menghafal Al-Quran di bawah asuhan langsung ayahandanya, Maulana
Muhammad Yahya, seorang ulama besar yang sangat terkenal di India. Beliau telah
hafal Al Quran 30 juz sebelum usia baligh, yaitu dalam usia 7 tahun. Ayahnya
memiliki metode pendidikan tahfizhul Quran dengan menyuruhnya mengulang-ulang
satu ayat sebanyak 100 kali, kemudian disimakkan kepadanya. Ayahnya melarang
bergaul dengan orang banyak, sehingga
beliau menjadi hafizh Al Quran dalam usia sangat muda. Setelah itu setiap
harinya, Maulana Muhammad Zakariyya kecil sudah diharuskan mengkhatamkan Al
Quran sekali sehari, yaitu sebelum Zhuhur. Beliau harus sudah membaca 30 juz Al
Quran di luar kepala, baru beliau akan dibolehkan makan siang.
Ayahandanya mempunyai kaidah dan cara
tersendiri dalam memastikan beliau memiliki ciri-ciri kepimpinan dengan
intelektual tinggi, keterampilan yang progresif dengan paduan antara akhlak dan
kewibawaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam. Tamparan dan pukulan mendidik dari ayahnya, merupakan perkara
biasa bagi dirinya, sehingga beliau nyatakan di dalam kitabnya Aap Beeti.
Beliau sangat berterima kasih kepada ayahnya, berkat hasil didikan yang cukup
keras, yang diiringi dengan kesabaran dan ketabahan beliau menghadapinya,
merupakan faktor terbentuknya kebijaksanaan dan kepakaran beliau dalam ilmu
agama, khususnya dalam bidang hadits.
Setelah menjadi Hafizh Al Quran,
beliau belajar Bahisti Zewar, Hamasah dan buku-buku lain dalam bahasa Urdu dan
Persia yang diajarkan oleh pamannya, Maulana Muhammad Ilyas, pelopor gerakan
Usaha Dakwah dan Tabligh. Sedangkan buku-buku tata bahasa Arab (sharaf dan
nahwu) diajarkan oleh ayahnya.
Pada usia 12 tahun, pada bulan Rajab
1328 H (Juli 1910 M), Muhammad Zakariyya dibawa oleh ayahnya ke Madrasah
Mazahirul Ulum Saharanpur, dimana ayahnya telah pindah untuk mengajar hadits
atas permintaan Khalil Ahmad Saharanpuri. Di bawah bimbingan ayahnya, beliau
mempelajari bahasa Arab tingkat lanjutan, teks-teks klasik, nahwu, sharaf dan
ilmu mantiq. Pada masa itu pun, beliau sudah belajar kitab fiqih madzhab
Hanafi; Behesti Zewar, Sarf-i Mir, Panj
Ganj, Fusul-i Akbari, Kafiyah, Qasidah Burdah, Qasidah Banat Su`ad, 30 juz '
dari Al-Qur'an dan koleksi 40 hadits. Gurunya dalam ilmu rasional adalah
Maulana `Abd al-Wahid Sanbhali dan Maulana` Abd al-Latif, yang merupakan
direktur madrasah. Dan sejak Rajab 1328 H (usia 13 tahun), beliau mulai
melanjutkan belajarnya di Darul Ulum Saharanpur.
Madrasah
Mazahirul Ulum Saharanpur
Maulana Muhammad Zakariyya sangat
beruntung hidup sezaman dengan Imam Rabbani Syaikh Gangohi dan berpeluang
bergaul serta bermuamalah dengan Syaikh Gangohi dan ulama’ yang lain. Beliau
memperoleh keberkahan do’a dan keberkahan berkumpul dengan ulama’, yang
berpegang teguh dengan agama Allah, dari golongan fuqaha’, muhadditsin dan
mereka yang dekat dengan Allah. Beliau memiliki potensi yang besar menjadi
seorang pemuda yang shaleh, bertaqwa, berkarisma menarik serta memiliki hati
sanubari yang suci dan murni, serta terpelihara daripada hal-hal yang merusak
sendi-sendi keimanan dan amal shaleh, dengan perisai yang sangat kokoh.
Ketika usianya memasuki 17 – 18
tahun, yaitu tahun 1333 H (1914/1915 M), minat utamanya mulai terfokus pada
bidang kajian ilmu hadits, yang dikenal sebagai Dawrah hadits. Beliau
melibatkan diri dalam studi intensif hadits. Beliau sangat ketat dan jeli,
tidak pernah kehilangan pelajaran dan selalu belajar dalam keadaan suci (ada
wudhu’). Beliau mempelajari enam koleksi hadits utama di bawah ayahnya, dengan
pengecualian Sunan ibn Majah, yang
belajar dengan Maulana Thabit `Ali. Sebelum pelajaran dimulai, ayahnya
selalu mandi dan shalat 2 rakaat. Ketika ayahnya mengajar, Muhammad Zakariyya
diperlakukan berbeda dari siswa lain. Misalnya, ketika mempelajari koleksi
hadits Mishkat al-Mashabih, beliau tidak diizinkan untuk menyebut Mazhar-i Haq,
terjemahan dan komentar Urdu nya. Aturan lain dalam studi itu bahwa ia harus
menyatakan apakah sebuah hadis konsisten dengan fiqih Hanafi fiqh atau tidak.
Beliau menyelesaikan studinya dan lulus pada 1333 H (1915) dengan hasil yang
istimewa.
Tahun 1333 H (1915 M), Muhammad
Zakariyya memberi bai'at (sumpah setia kepada Syaikh Sufi) di tangan Khalil
Ahmad Saharanpuri sebelum pergi untuk untuk kedua kalinya ke Hijaz.
Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri
kembali ke India pada waktu yang sama. Dalam 1334 H (1916 M), ia meminta
Muhammad Zakariyya untuk mempelajari kitab Shahih al-Bukhari dan Jami`
di-Tirmidzi kedua kalinya dengan dia. Dalam masa belajar atau pendidikan,
Maulana Muhammad Zakariyya telah dikenalkan dengan penulisan sebuah kitab, di mana beliau
menjadi penulis dan penyunting kitab Baz al-Majhud, syarah Sunan Abu Daud,
hasil karya Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri. Beliau menjadi murid Maulana
Khalil Ahmad Saharanpuri hingga guru beliau meninggal dunia di Madinah
al-Munawwarah pada 1346 H. Jenazahnya dikebumikan di tanah perkuburan Baqi’.
Sebelum wafat Maulana Khalil Ahmad telah menyatakan hasratnya kepada Maulana
Zakariyya, supaya membantunya menghasilkan sebuah kitab Syarah Sunan Abu Daud
yang diberi nama Baz al-Majhud, karena merasa lemah untuk menulisnya sendiri,
disebabkan faktor usianya yang telah lanjut dan uzur. Tawaran berharga yang
diberikan oleh gurunya itu tidak disia-siakan, karena selain dapat membantu
gurunyanya menghasilkan kitab yang bernilai tinggi, juga dapat mengasah dan
mempertingkatkan kemahiran penulisannya dengan lebih ivovatif, kreatif dan
efektif.
Peranan beliau dalam membantu
gurunya, menghasilkan penulisan Baz al-Majhud ialah dengan mencari kitab dan
artikel ilmiah yang ditetapkan oleh Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri, baik yang
berada di maktabah atau yang terdapat di Mazahir al-Ulum dan di luar
madrasah. Kemudian beliau menukil
fakta-fakta yang sesuai, lalu menyampaikan kepada gurunya untuk disimak dan
dikaji, dan dibuat penyusunan fakta. Apabila fakta dan komentar tersebut telah
siap disusun gurunya, kemudian akan didektekan kepada beliau, maka beliau akan
menulisnya sesuai dengan apa yang dibaca oleh gurunya. Dengan semangat,
komitmen dan ketekunan yang gigih dalam penulisan ini, maka kitab ini dapat
disempurnakan dan diterbitkan. Semenjak itu Maulana Zakariyya memperoleh
keberkahan dan kebaikan dari gurunya, di mana beliau menjadi khalifah dan naib
kepada Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri, dan namanya diabadikan di dalam
prakata kitab tersebut, seperti berikut ini :
Saya telah
meminta tolong beberapa orang sahabat saya yang ternama, di antaranya adalah
saudara dan penyejuk mata hati saya Haji Hafidz Mulwi Muhammad Zakariyya
al-Kandahlawi, dalam menghasilkan kitab Baz al-Majhud dan beliau menyetujuinya.
Saya tidak ada kekuatan menulis dengan tangan, disebabkan senantiasa menggetar
dan tubuh yang mulai lemah. Oleh karena itu saya akan mengimlakan kepadanya dan
dia yang menulisnya. Dialah yang mencari maklumat dan fakta yang rumit yang
dijumpai di dalam sumber rujukan. Saya memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala
dengan usaha dan komitmen yang diberikan, agar mengurniakan kepadanya pahala
dan keberkatan yang terbaik atas usaha yang telah beliau sumbangkan dalam
mensukseskan penerbitan kitab ini.
Tempat belajar Maulana Muhammad Zakariyya
•
Mimpi
Maulana Muhammad Zakariyya.
Suatu ketika, Maulana Zakariyya
bermimpi, dimana beliau melihat satu timbunan kitab-kitab yang membentuk satu
kubah masjid. Mimpi itu diberitahukan kepada ayahnya. Ayahnya kemudian
menafsirkan mimpi tersebut, katanya, “Insya Allah, Allah subhanahu wa ta’ala akan
memberikan kepadamu kefahaman yang luar biasa.”Maulana Muhammad
Zakariyya kemudian menulisnya dalam bukunya "Aap Beti", bahwa
demikian yang terjadi pada dirinya. Beliau telah membaca beribu-beribu kitab
dan beliau dapat memahami setiap kitab yang dibacanya dengan baik. Kisah ini diceritakan di dalam bab
"nikmat-nikmat Allah subhanahu wa
ta’ala"
Para ulama pengajar
pesantren di India dan Pakistan,
Mereka mengutamakan
mata pelajaran tazkiyah bagi para santrinya.
Maulana Muhammad
Zakariyya selalu menjaga adab-adab dalam masa belajar,
Menjaga kesucian,
senantiasa menjaga wudhu’ dan memperbaharuinya manakala batal.
Guru beliau merupakan
ulama pakar dalam ilmu hadits dan ilmu fiqih,
Yang mempunyai
kepribadian dan kerohaniaan yang tinggi.
Muhammad bin Sirin
berkata: “Sesungguhnya ilmu itu adalah tingkah laku,
maka perhatikan dari
siapakah kalian mengambil tingkah laku.”
Dan Abu Hanifah
mengatakan: “Aku mendapatinya Hammad bin Sulaiman,
sebagai guru yang
tenang, baik budi dan sabar.”
Maulana Muhammad
Zakariyya ketika memasuki tahun akhir pengajian hadits,
beliau tidak akan
meninggalkan sebuah hadits, tanpa berguru.
Beliau mengutamakan
kehadiran dan berguru semasa menuntut ilmu hadits,
Sehingga ilmu yang
dituntutnya mendapat keberkahan sepanjang masa.
•
Pendapat
Ahli Tentang Pentingnya Sanad Hadits
Persanadan merupakan satu-satunya
ilmu pengetahuan untuk mencari sumber berita, yang tidak didapatkan pada agama
lain selain agama Islam. Sistem sanad secara sistematis muncul semenjak terjadinya
fitnah di kalangan umat Islam, sebagai akibat adanya konflik,dimana sebelumnya,
persanadan belum berkembang. Namun demikian, dalam persyaratan hadits secara
tidak langsung telah terjadi sistem sanad. Maka, tidaklah mengherankan jika
sebagian ulama ada yang memasukkan isnad ke
dalam bagian agama. Seperti dikutip oleh Imam Muslim (Juz I, hlm. 9), Ibnu
Mubarak berkata:
الإسناد
من الدين ولولا الإسناد لقال من شاء ما شاء
“Isnad adalah sebagian dari agama.
Seandainya tidak ada isnad, sungguh seseorang akan mengatakan apa saja yang ia
ingin katakan.”
Imam Nawawi dalam kitab al-Tahdzîb mengatakan bahwa ilmu hadits
ini, senantiasa dipelihara oleh orang-orang yang adil dan pada setiap masa akan
ada segolongan orang yang adil yang mendukung hadits dan menolak segala
perubahan-perubahan yang disisipkan orang ke dalamnya. Bahkan Sufyan ats-Tsauri
menganggap isnâd merupakan alat yang
paling menentukan dalam menunjukkan kemurnian hadits. Beliau berkata:
الإسناد سلاح المؤمن فإذا لم يكن
معه سلاح فبأي سلاح يقاتل
“Isnâddapat diumpamakan dengan
pedangnya orang beriman. Apabila tidak memiliki pedang, dengan senjata apakah
ia akan membunuh”.
Oleh karena itu, kurang lengkaplah
apabila seseorang yang mempelajari hadits tanpa mempelajari sanadnya. Imam
Asy-Syafi’i mengatakan bahwa mempelajari isnâd
adalah sangat penting. Karena itu, seorang yang mempelajari hadis tanpa
mempelajari isnâd diibaratkan seperti
seorang pencari kayu bakar pada malam hari :
)مثل الذي يطلب الحديث بلا حديث كمثل حطب
ليل(
Di samping itu, tidak dapat dipungkiri
bahwa sanad telah memperkokoh dan mempertahankan Islam dan ajarannya.
Seandainya tidak ada ulama yang memberikan perhatian dan menghapal sanad dengan
sungguh-sungguh niscaya akan pudarlah agama Islam, minimal keaslian ajarannya
akan hilang. Hal itu karena hadits bisa menjadi lahan mudah bagi masuknya
pemalsuan demi menghancurkan bangunan Islam. Ibn Shaleh, seperti dikutip Hasbi
(1958: 37) pernah berkata:
لولا توفر طائفة من المحدثين على
حفظ الإسناد لدرس منار الإسلام
“Jika sekiranya tidak ada perhatian
yang sungguh-sungguh dari sebagian muhadditsin dalam menjaga isnâd tentu sudah
lenyaplah kejayaan Islam itu”.
Pendapat para ulama tersebut
membuktikan betapa pentingnya sanad dalam pencarian sumber asli suatu berita
(hadits). Dengan demikian, dapat diketahui bahwa pengalihan berita dari
seseorang yang dapat dipercaya kepada orang yang dapat dipercaya hingga sampai
kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi
wasallam dengan sanad yang
bersambungan merupakan pemberian dari Allah subhanahu
wa ta’ala kepada umat Islam dan tidak diberikan kepada orang lain. Hal ini
sesuai dengan perkataan Abu Hatim ar-Razi, “Tidak
ada suatu umat pun semenjak Adam yang mempunyai orang-orang kepercayaan (yang
dapat dipertanggungjawabkan) yang dapat memelihara atsâr para rasul (perkataan
nabinya) selain umat ini (Islam).”
Setelah Maulana
Muhammad Zakariyya dianggap selesai dalam pendidikan, kemudian beliau
mendapatkan izin untuk mengajar hadits tahun 1340H (1922M). Semua periwayatan
sanad pengajaran hadits dan keizinan talian para masyaikh
adalah melalui Musnid al-Hind Hakimul Islam Syah Waliyyullah Dehlawi
(1703-1762 M), yang masih keturunan dari Sayyidina Umar radhiyallahu ‘anhu (masih nasab Quraisy). Beliau telah
mencatat seluruh rantaian-rantaian keizinan pengajaran hadits di
India melalui hantaran surat-surat kepada semua madrasah, dengan tujuan;
apakah terdapat sanad daripada Syah Waliyyullah di dalam rantaian sanad
mereka?
Akhirnya, beliau mendapati bahwa
tiada satu pun jawaban daripada madrasah-madrasah di India yang tidak mempunyai
sanad Syah Waliyyullah. Semuanya mempunyai hubungan talian yang sampai kepada
Syah Waliyyullah Dehlawi. Guru beliau sendiri, yaitu Maulana Khalil Ahmad
Saharanpuri (1852-1927 M) juga mempunyai sanad daripada keluarga Syah
Waliyyullah dan para masyaikh di Makkah, sebagaimana diterangkan di dalam
muqaddimah Bazl al-Majhud, Lami’ ad-Darari dan Awjaz al-Masalik. Dengan ini,
Maulana Muhammad Zakariyya selalu menamakan Shah Waliyyullah Dehlawi sebagai
Musnid al-Hind. (Aap Beeti 5. hlm. 154-155.)
•
Salah
satu contoh silsilah sanad Maulana Muhammad Zakariyya, bersambung hingga Imam
Bukhari dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam.
Rasulullah shallallah
‘alaihi wasallam
||
Abdullah bin ‘Umar bin al-Ash radhiyallahu ‘anhu
||
Abu Qasiyyah rahmatullah ‘alaih
||
Hassan bin Autiyyah rahmatullah ‘alaih
||
Auza’i rahmatullah ‘alaih
||
Dahhak bin Makhlash rahmatullah ‘alaih
||
Amirul Mukminin Fi Hadits wa Imamul Muhaditsin,
Muhammad bin Isamail bin Al-Barzabah Al-Bukhari rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Yusuf Al-Qarbawi rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Ahmad At-Tarukhi rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad Abdullah Muhammad bin Muzaffar Al-Ra’udi rahmatullah ‘alaih
||
Abdul Awwal Abdul Rahman bin Isa al-Harawi rahmatullah ‘alaih
||
Abu Hussain bin Mubarak Al-jabiili rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Ibrahim At-Tanukhi rahmatullah ‘alaih
||
Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Hajar Al-Ashqalani Al-Khinani rahmatullah ‘alaih
||
Zainul Abidin Muhammad bin Zakariyya Al-Ansari rahmatullah ‘alaih
||
Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Ar-Romawi rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Ahmad bin Quddus rahmatullah ‘alaih
||
Ahmad Al-Qusyayi rahmatullah ‘alaih
||
Ibrahim Al-Qurdi rahmatullah ‘alaih
||
Abu Tahir bin Ibrahim Al-Qurdi rahmatullah ‘alaih
||
Maulana Muhammad bin Abdul Rahim rahmatullah ‘alaih
||
Syah Waliyullah Muhaditsin Al-Dehlawi rahmatullah ‘alaih (1703-1762 M)
||
Maulana Abdul Aziz Al-Dehlawi rahmatullah ‘alaih (1745-1823 M)
||
Maulana Muhammad Bin Ishaq Al-Dehlawi rahmatullah ‘alaih (1783-1846 M)
||
Syah Abdul Qayyum Al Budhanwi rahmatullah ‘alaih (-1881 M)
||
Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri rahmatullah ‘alaih (1853-1927 M)
||
Maulana Muhammad Zakariyya rahmatullah ‘alaih (1898-1982 M)
||
Maulana Yunus Jaunpuri al Mazahiri hafidzallah (-2015 M masih hidup)
||
Abdullah bin ‘Umar bin al-Ash radhiyallahu ‘anhu
||
Abu Qasiyyah rahmatullah ‘alaih
||
Hassan bin Autiyyah rahmatullah ‘alaih
||
Auza’i rahmatullah ‘alaih
||
Dahhak bin Makhlash rahmatullah ‘alaih
||
Amirul Mukminin Fi Hadits wa Imamul Muhaditsin,
Muhammad bin Isamail bin Al-Barzabah Al-Bukhari rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Yusuf Al-Qarbawi rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Ahmad At-Tarukhi rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad Abdullah Muhammad bin Muzaffar Al-Ra’udi rahmatullah ‘alaih
||
Abdul Awwal Abdul Rahman bin Isa al-Harawi rahmatullah ‘alaih
||
Abu Hussain bin Mubarak Al-jabiili rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Ibrahim At-Tanukhi rahmatullah ‘alaih
||
Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Hajar Al-Ashqalani Al-Khinani rahmatullah ‘alaih
||
Zainul Abidin Muhammad bin Zakariyya Al-Ansari rahmatullah ‘alaih
||
Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Ar-Romawi rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Ahmad bin Quddus rahmatullah ‘alaih
||
Ahmad Al-Qusyayi rahmatullah ‘alaih
||
Ibrahim Al-Qurdi rahmatullah ‘alaih
||
Abu Tahir bin Ibrahim Al-Qurdi rahmatullah ‘alaih
||
Maulana Muhammad bin Abdul Rahim rahmatullah ‘alaih
||
Syah Waliyullah Muhaditsin Al-Dehlawi rahmatullah ‘alaih (1703-1762 M)
||
Maulana Abdul Aziz Al-Dehlawi rahmatullah ‘alaih (1745-1823 M)
||
Maulana Muhammad Bin Ishaq Al-Dehlawi rahmatullah ‘alaih (1783-1846 M)
||
Syah Abdul Qayyum Al Budhanwi rahmatullah ‘alaih (-1881 M)
||
Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri rahmatullah ‘alaih (1853-1927 M)
||
Maulana Muhammad Zakariyya rahmatullah ‘alaih (1898-1982 M)
||
Maulana Yunus Jaunpuri al Mazahiri hafidzallah (-2015 M masih hidup)
Pada tanggal 10 DzulQa'da 1334 H (9
Agustus 1925), saat Maulana Zakariyya berumur 19 tahun, ayah kesayangannya
wafat. Maulana Zakariyya merasa kehilangan, bukan hanya kehilangan seorang
ayah, tetapi juga sebagai guru dan mentor. Semasa hidupnya Maulana Muhammad
Yahya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya mengelola sebuah toko buku/kitab,
yang akhirnya menjadi warisan bagi Maulana Muhammad Zakariyya. Perlu diketahui
bahwa ayah beliau semasa menjadi guru di Madrasah Mazahirul ‘Ulum, Saharanpur,
beliau tidak mengambil upah atau gaji bulanan, walaupun telah didesak beberapa
kali untuk menerimanya karena niatnya yang suci dan murni semata-mata untuk
mendapatkan keridhaan Allah subhanahu wa
ta’ala.
Toko buku milik ayah Maulana Muhammad Zakariyya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar