Foto
Maulana Muhammad Zakariyya An Kandahlawi
4. MENGENAL MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYYA MENGAJAR.
Sejak lulus dari Darul Ulum
Saharanpur pada usia 20 tahun (1335 H), karena prestasinya yang luar biasa
dalam bidang hadits dan ilmu-ilmu lainnya, maka beliau mulai diserahi kesibukan
mengajar. Pertama kali, beliau mengajar di Mazahir Ulum pada tanggal 1 Muharram
1335 H (29 Oktober 1916). Beliau merupakan tenaga pengajar paling muda. Beliau
awalnya ditugaskan untuk mengajar buku tentang tata bahasa Arab, morfologi, dan
sastra, serta beberapa teks utama hukum Islam. Kemudian mengajar kitab-kitab
hadits dan kitab dawrah lainnya.
Buku-buku awal ia ditugaskan mengajar
'Ilm As-ighah,
Mi'at' amil manzum,
amil Sharh mi'at', Khulashah nahw Mir, Nafhat
al-yaman, Munyat al-musalli,
Usul abu-Shashi, dan Qala aqul. Istilah
berikutnya, dari Syawal 1335 H (1917), beliau mengajar Mirqat,
Quduri,
Sharh Tahdhib, Kafiyah
Nur al-Idah, ushul abu-Shashi, Syarah Jami, Bahth fa'l, Bahth
isme, 'Ajab al-'ujab , dan Nafht
al-yaman. Pada bulan Syawal 1336 H (1918) ada promosi lebih lanjut; beliau
diberi buku yang lebih tinggi termasuk maqamat, Sab'ah mu'allaqah, Qutbi, Mir
Qutbi, dan Kanz ad-daqa'iq. Pada bulan
Syawal 1337 H (1919) ia diberi Hamasah dan hidayah awwalin. Pada akhir bulan
Sya’ban
1338 H (1920), beliau bepergian dengan Khalil Ahmad Saharanpuri ke Hijaz. Ia
kembali ke Saharanpur di Safar 1339 H (1920).
Kitab-kitab yang diajarkan beliau
setiap beberapa tahun ke depan tidak dicatat secara rinci, namun ia menulis
bahwa ia diberi Qutbi, Mir Qutbi, Tahdhib, dan Syarh Tahdhib hampir setiap
tahun, dan sebagai guru yang lebih senior beliau tidak menyukai mengajar mantiq
(logika). Dia juga mengajarkan Hidayah awwalin total tiga kali, dan Nur
al-Anwar diikuti oleh Husami tiga kali.
Mulai tahun 1341 H (1923), ketika
berusia 26 tahun, beliau diberi tugas mengajar kitab-kitab hadits. Kemudian ada
instruksi dari Maulana Khalil Ahmad, pada bulan Rajab 1341 H (1923), agar
Muhammad Zakariyya mengajar tiga bagian dari Shahih al-Bukhari, yang sebelumnya
dipegang oleg direktur madrasah yaitu Maulana Abdul Latif. Selama tiga tahun,
dari Syawal 1341 H hingga Sya’ban 1344 H (1923-1926), beliau diberi tambahan
untuk mengajar Mishkat al-Mashabih. Pada bulan Syawal 1344 H (1926), beliau
melakukan perjalanan sekali lagi ke Hijaz, dan tinggal tinggal di sana lebih
dari setahun. Setelah melakukan haji, beliau tiba di Madinah pada bulan
Muharram 1345 H (1926). Selama tinggal di Madinah, beliau mengajar Sunan Abu
Dawud di Madrasah al-`Ulum abu-Shar`iyah.
Setelah beliau kembali ke Saharanpur
pada bulan Safar 1346 H (1927), pelajaran kitab Sunan Abu Dawud dilimpahkan
dari Maulana Abdul Latif kepada beliau. Pada tahun itu juga beliau mengajar
kitab Sunan an-Nasa'i, Muwatta’ Imam Malik dalam transmisi abu-Shaybani, dan
bagian 12 sampai 16 dari Shahih al-Bukhari. Setelah Idul Adha volume pertama
Shahih al-Bukhari dilimpahkan kepada Muhammad Zakariya, sedangkan volume kedua
tetap dengan dipegang oleh Maulana Abdul Latif. Dari bulan Safar 1346 H dan
seterusnya, bliau juga mengajar Jami 'at-Tirmidzi, Shahih Muslim, dan buku
dawrah lainnya ketika guru yang lain berhalangan sakit atau bepergian.
Pada tahun 1373 H (1954), ketika
Maulana Abdul Latif mengadakan perjalanan, maka Muhammad Zakariyya diberi tugas
untuk mengajar seluruh volume al Bukhari, di samping mengajar Abu Dawud.
Pengaturan yang sama juga dibuat pada tahun 1374 H (1955), ketika Maulana Abdul
Latif sakit. Pada tahun 1375 H (1956), setelah kematian Maulana Abdul Latif,
Sunan Abu Dawud dilimpahkan ke Maulana As'adullah, dan Shahih al-Bukhari
dilimpahkan ke Maulana Muhammaad Zakariyya.
Maulana Muhammad Zakariyya terus
mengajar sampai tahun 1388 H (1968), ketika beliau mengalami katarak. Selama 54
tahun, sejak tahun 1335 H hingga 1388 H, beliau telah mengajar 35 kitab dalam
berbagai bidang ilmu, dari ilmu-ilmu dasar, hingga fiqih dan hadits secara
khusus. Bahkan beliau telah mengajar seluruh kitab yang menjadi sillabus di
madrasah tersebut. Dari semua kitab yang diajarkan, beliau telah berkali kali
menamatkannya dalam pelajaran, diantaranya : kitab Nur al-Anwar sebanyak tiga
kali, shahih Bukhari tamat sebanyak 16 kali, Bukhari jilid I tamat 50 kali,
Sunan Abu Dawud tamat 30 kali, Misykatul Mashabih tamat 3 kali, kitab al-Jami’
al-Musnad al-Shahih al-Mukhtasar Min Hadits Rasulullah Wa Sunnah Wa Ayyamih
keseluruhan nya sebanyak enam belas kali dan kitab-kitab lainnya yang telah
beliau pelajari dan ajarkan hingga tamat beberapa kali.
Maulana Muhammad Zakariyya pengajar
di Madrasah Mazahir al-‘Ulum, Saharapur dari tahun 1335 H (1916 M) ketika
berusia 20 tahun sehingga 1388H (1968 M), ketika berusia 72 tahun yaitu dalam
jangka masa 52 tahun, beliau berbakti dalam arena pendidikan dan pengajaran.
Sungguhpun beliau pernah mengajar dan mendapat tawaran mengajar di beberapa
buah institusi agama yang lain, Mazahir al-‘Ulum, Saharapur merupakan tempat
paling lama beliau mengajar dan berkhidmat. Mazahir al-‘Ulum merupakan sekolah
lama beliau di mana selama 11 tahun, beliau belajar di madrasah tersebut.
Abu al-Hasan Nadwi berkata meskipun
Maulana Muhammad Zakariyya adalah salah seorang guru yang paling muda di
Mazahir al-‘Ulum, dia telah dipilih untuk mengajar pelajaran yang belum pernah
ditugaskan kepada guru lain yang sama umur dengannya pada ketika itu. Beliau
bukan saja menunjukkan kebolehannya menjadi seorang guru yang berdidikasi dan
berketerampilan tinggi, bahkan mampu menghasilkan hasil karangan yang mempunyai
kualitas yang tinggi. Pada tahun 1345 H, beliau berkesempatan pergi ke kota
Madinah al-Munawwarah selama setahun. Di sana beliau telah ditugaskan mengajar
kitab Sunan Abu Daud di Institut Agama al-Syariah, Madinah al-Munawwarah.
Semasa di sana beliau memulai penulisan Awjaz
al-Masalik ila Muwatta’ Imam Malik, dimana beliau pada ketika itu berumur
29 tahun.
Perpustakaan pribadi Maulana Muhammad Zakariyya
|
Ketika beliau kembali ke India,
beliau telah diminta untuk mengajar kembali di Mazahir al-‘Ulum. Sillabus yang
diberikan kepadanya ialah mengajar kitab Sunan Abu Daud, Sunan al-Nasai,
Muwatta’ Imam Muhammad dan sebagian kitab al-Jami’ al-Musnad al-Shahih
al-Mukhtasar Min Hadits Rasulullah Wa Sunnah Wa Ayyamih, tetapi setelah
wafatnya ketua Mazahir al-‘Ulum, beliau ditugaskan mengajar seluruh shahih
al-Bukhari. Beliau tidak hanya rutin mengajar ilmu hadits, tetapi jiwa, raga,
semangat dan seluruh kehidupannya ditumpukan kepada hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan
perkembangannya. Beliau menjadi
tenaga pengajar Mazahir al-‘Ulum sehingga 1388 H dan terpaksa berhenti mengajar
sebagai guru hadits disebabkan matanya ditumbuhi katarak.
Banyak dari kalangan penuntut ilmu
telah berhasil menamatkan pelajaran hadits melalui beliau dan memperdengarkan
pelajaran mereka di hadapannya, yaitu dengan sistem talaqi. Banyak juga di
antara mereka yang mengikuti langkah beliau, berkhidmat untuk agama dan
penyebaran ilmu agama ke berbagai tempat. Di samping itu, banyak murid-murid
beliau setelah tamat pendidikan dan pelajaran melalui beliau, hati sanubari
mereka disinarai makrifah Allah, sehingga mereka telah berbai’ah dan janji
setia melalui tangan beliau yang mulia, mempelajari ilmu suluk dan ilmu tasawuf
secara khusus dan dengan nikmat Allah subhanahu
wa ta’ala telah berhasil mencapai derajat kerohanian yang tinggi dalam ilmu
tersebut.
Terdapat juga di antara mereka yang
mewaqafkan seluruh kehidupan mereka untuk usaha atas agama Allah subhanahu wa ta’ala dengan perantaraan
bermujahadah, melapangkan masa keluar di jalan Allah subhanahu wa ta’ala. Mereka dengan ikhlas meluangkan waktunya untuk
menjumpai orang-orang islam yang jauh dari agama Allah, supaya mereka
mengamalkan dan menjalankan seluruh perintah Allah dalam kehidupannya serta
menjadi da’inya Allah. Yang diusahakan dan diharapkan hanya satu yaitu agar
orang-orang Islam faham bahwa waktu, harta dan diri mereka, bukan kepunyaan
mereka, tetapi kepunyaan Allah subhanahu
wa ta’ala. Allah menghendaki agar semua orang Islam mau mengorbankan waktu,
diri dan hartanya untuk keluar di jalan Allah subhanahu wa ta’ala ke seluruh dunia, agar mau bermujahadah dan
susah payah untuk agama Allah, sehingga akan membuka rahmat Allah subhanahu wa ta’ala dan hidayah dapat
tersebar ke seluruh alam.
Sebagai Pengajar Hadits
Maulana Muhammad Zakariyya adalah :
Seorang yang zuhud,
taat dan patuh kepada sunnah Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam.
Beliau tidak mengunakan
agama untuk mendapatkan kekayaan dan kesenangan hidup, walaupun peluang ke arah
tersebut terbentang luas baginya.
Beliau mengajar
ilmu/hadits di Madrasah Mazahir al-‘Ulum dan lainnya lebih dari 50 tahun,
Tetapi beliau tidak mengambil gaji dari
pekerjaannya sebagai tenaga pengajar,
walaupun pihak madrasah
telah memberikan baginya gaji bulanan,
dan beliau
mengembalikannya sebagai sedekah kepada madrasah.
Beliau pernah
ditawarkan untuk bertugas sementara di Institut Da-iratul Ma’arif Madinah,
sebagai penulis kitab
Asma al-Rijal bagi kitab hadits al-Imam al-Baihaqi,
dengan gaji bulanan
yang cukup besar, namun begitu beliau menolaknya secara halus,
dengan jawaban “aku tidak ingin hidup di bawah ihsan orang
lain”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar