YANG BERHAK DIPILIH MENJADI PEMIMPIN
Telah
ditakhrijkan oleh At-Tirmidzi dan di hasankannya, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan
lafadznya oleh Bukhari dari Abu Hurairah radhiyallahu
‘anhu katanya, Rasulullah shallallahu
‘alaihi wasallam telah mengutus satu jama'ah yang terdiri dari beberapa
orang. Sebelum mengutus mereka keluar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah mendengarkan bacaan Al-Qur'an
dari setiap orang dari mereka. Baginda shallallahu
‘alaihi wasallam telah mendatangi seorang lelaki yang paling muda di antara
mereka lalu bertanya, "Adakah kamu
menghafal Al-Qur'an?". Lelaki itu menjawab, "Ya, aku hafal beberapa surah dan surah Al-Baqarah".
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
bertanya lagi, "Apakah kamu hafal
surah Al-Baqarah?". Pemuda itu menjawab, "Ya". Rasulullah shallallahu
‘alaihi wasallam pun bersabda, "Pergilah, kamu adalah amir
mereka". Seorang lelaki dari kalangan mereka berkata, "Demi Allah! Kami takut untuk
menghafalnya sekiranya kami terpaksa mengamalkannya". Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah
bersabda, "Belajarlah Al-Qur'an dan
bacalah ia, karena sesungguhnya perumpamaan Al-Qur'an itu bagi sesiapa yang
mempelajarinya dan membacanya adalah seperti kasturi yang tersebar baunya di
setiap tempat. Barang siapa yang mempelajarinya dan menyimpannya adalah
seumpama tempat penyimpanan yang mengandung kasturi yang tertutup".
Sebagaimana dalam kitab At-Targhib.
Sebagaimana dalam kitab At-Targhib.
Ditakhrijkan
oleh Al-Hakim dalam kitab Al-Kunya dari Asy-Sya'shy seumpamanya katanya, Umar
bin Khathab radhiyallahu ‘anhu telah
berkata, "Tunjukkanlah kepadaku
seorang lelaki yang patut akulantik sebagai amir untuk menguruskan hal ihwal
kaum Muslimin?". Mereka menjawab, "Abdul
Rahman bin Auf (radhiyallahu ‘anhu)". Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, "Dia
seorang tua yang lemah". Mereka bertanya, "Siapakah yang kamu kehendaki?". Umar radhiyallahu ‘anhu menjawab, “Seorang
lelaki, jika ia menjadi Amir mereka, ia menjadi seolah-olah orang biasa di
antara mereka, dan apabila mereka ia tidak menjadi Amir mereka, ia seolah-olah
adalah amir mereka.”
Merekapun
berkata, "Tidaklah kami ketahui seorangpun kecuali Ar-Rabi' bin Ziyad
Al-Haris". Umar radhiyallahu ‘anhu
pun berkata, "Kamu benar."
Sebagaimana
dalam kitab Al-Kanz
Amir yang Selamat dari Adzab Allah Ta'ala
Ditakhrijkan
oleh At-Thabrani dari Abu Wail Shaqiq bin Salamah sesungguhnya Umar bin Khathab
radhiyallahu ‘anhu telah melantik
Bashar bin Asim radhiyallahu ‘anhu
untuk memungut zakat penduduk Hawazin. Bashar radhiyallahu ‘anhu telah melewat-lewatkan kepergiannya lalu beliau
telah ditemui oleh Umar radhiyallahu
‘anhu dan telah berkata kepadanya, "Apakah yang telah menyebabkanmu
terlambat?". Adakah kamu tidak mendengar dan thaat kepada perintah
kami?". Bashar radhiyallahu ‘anhu
berkata, "Tidak, melainkan aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Barang
siapa yang menjadi ketua bagi sesuatu urusan kaum Muslimin, maka ia akan datang
pada hari kiamat sehingga ia akan berdiri di atas sebuah jembatan Neraka. Jika
ia telah melakukan kebaikan, ia akan selamat. Jika telah melakukan kejahatan,
jembatan itu akan runtuh lalu ia akan terjatuh ke dalam api Neraka tersebut
selama tujuh puluh tahun".
Abu
Dzar radhiyallahu ‘anhu telah berkata
kepada Umar radhiyallahu ‘anhu, "Adakah kamu telah mendengar sesuatu
dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?" Umar radhiyallahu ‘anhu pun menjawab. "Tidak". Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu berkata,
"Sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, 'Barangsiapa yang bertanggungjawab ke atas urusan kaum Muslimin, ia
akan datang pada hari kiamat sehingga ia akan berdiri di atas sebuah jembatan
neraka. Jika beliau melakukan melakukan kebaikan dalam tanggungjawabnya ia akan
selamat. Jika sebaliknya jembatan itu akan rubuh dan ia akan tejatuh ke dalam
neraka itu selama tujuh puluh tahun dan Neraka itu amat gelap dan hitam'.
Maka
hadits yang mana satukah yang lebih menggetarkan hatimu?". Umar radhiyallahu ‘anhu mejawab, "Kedua-duanya. Oleh itu adakah sesiapa
yang mau mengambil jabatan Khalifah ini?". Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu pun berkata, "Hanya orang yang hidungnya telah
terpotong dan pipinya telah dilekapkan diatas tanah yang akan mengambil alih
jabatan ini. Adapun aku tidak mengetahui melainkan jabatan Khalifah ini baik
untuk mu. Karena jika kamu memberikan jabatan Khalifah ini kepada seseorang
yang tidak akan berlaku adil, kamu juga akan menanggung dosa bersama
dengannya".
Sebagaimana dalam kitab At-Targhib. Ditakhrijkan juga oleh Abdul Razak, Abu Nu'aim Abu Said An-Naqashi, Al-Baghowi dan Ad-Daruqutni dari jalur Sawid sebagaimana dalam kitab Al-Kanz. Ditakhrijkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Mundah dari selain jalur Sawid sebagaimana dalam kitab Al-Ishobah.
Sebagaimana dalam kitab At-Targhib. Ditakhrijkan juga oleh Abdul Razak, Abu Nu'aim Abu Said An-Naqashi, Al-Baghowi dan Ad-Daruqutni dari jalur Sawid sebagaimana dalam kitab Al-Kanz. Ditakhrijkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Mundah dari selain jalur Sawid sebagaimana dalam kitab Al-Ishobah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar