Pages

Sabtu, 09 Juli 2016

255. MENGENAL MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYYA (1)

Foto Maulana Muhammad Zakariyya An Kandahlawi
1. MENGENAL KELAHIRAN MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYYA 
Maulana Muhammad Zakariyya bin Maulana Muhammad Yahya bin Maulana Muhammad Ismail adalah dari keluarga yang memiliki asal usul yang mulia.Beliau mempunyai silsilah keturunan dari Quraisy yaitu keturunan Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, seorang sahabat yang paling dekat dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
Beliau dilahirkan di desa Kandlah di wilayah Uttar Pradesh, India, pada hari Kamis, 11 Ramadhan 1315 H (Rabu, 2 Februari, 1898 M) di rumah nenek ibunya, Maryam. Pada saat kelahirannya, ayahnya yang bernama Maulana Muhammad Yahya sedang menjabat sebagai tenaga pengajar di Madrasah Mazahir al-Ulum, Saharanpur.
Ayah Maulana Muhammad Zakariyya ini, Maulana Muhammad Yahya Kandahlawi adalah seorang mahasiswa dan murid Maulana Rashid Ahmad Gangohi. Lahir tahun 1287 H (1870/1871 M), ia menerima pendidikan awal dari ayahnya dan kemudian belajar hadits di bawah Maulana Gangohi dan Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri. Dia secara rutin selalu membaca seluruh Quran setiap hari. Setelah menyelesaikan Dawrah hadits dengan Maulana Gangohi, Maulana Yahya tinggal bersamanya di Gangoh. Ayah Maulana Yahya, Maulana Muhammad Ismail Jhanjhanawi meninggal dua puluh hari setelah melahirkan Muhammad Zakariyya, yang menjadi satu-satunya putra Yahya.
Diantara leluhur keluarga al Kandahlawi ada seorang ulama yang tersohor, yang bernama Syaikh Muhammad Ashraf, di mana beliau hidup di zaman Shah Jahan raja India, pembangun Taj Mahal. Para ulama’ di zamannya telah menyaksikan, bagaimana beliau adalah seorang yang wara’ dan istiqamah dalam mengamalkan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Taj Mahal
Demikian pula ada seorang ulama’ besar yang bernama Syaikh Mufti Ilahi Baksh al-Kandahlawi, yang masyhur dengan kemuliaan dan kebijaksanaanya. Beliau merupakan salah seorang di antara murid Syaikh Abdul Aziz, anak dari Syaikh Waliyullah Dehlawi. Syaikh Waliyullah Dehlawi merupakan murid dari khalifah al-Imam al-Syahid Sayyid Ahmad al-Brilwi. Syaikh Mufti Ilahi Baksh telah mengarang lebih dari 60 buah kitab ilmiah di dalam Bahasa Arab dan Urdu. Beliau wafat tahun 1245H.
Rumah Maulana Muhammad Zakariyya
Di kalangan mereka juga masih banyak ulama’ besar seperti Syaikh Abu Hasan, Syaikh Nur Hasan, Syaikh Muzaffar Hussein, Syaikh Muhammad Ismail, Syaikh Maulana Muhammad Ilyas, dan Syaikh Maulana Muhammad Yahya bin Syaikh Muhammad Ismail dan sebagainya. Semuanya dikenal sebagai pendakwah agama Allah yang mukhlis di zamannya masing-masing.
Pintu Masuk Rumah Maulana Muhammad Zakariyya
Perlu kita ketahui bahwa silsilah keturunan Maulana Muhammad Zakariyya,
sebagaimana dinyatakan oleh Syaikh Abu Hasan Nadwi, yaitu:
Maulana Muhammad Zakariyya al-Kandahlawi,
ditaqdirkan lahir dalam keluarga yang alim, wara’ dan istiqamah
dalam menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta’ala
dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
Hampir seluruh Keluarga al-Kandahlawi dikenal sebagai Gudangnya Para Ulama’.
Selama tujuh ratus tahun lebih, keluarga tersebut telah melahirkan ribuan Ulama’,

Syaikh, Hafizh Al Quran, Hafizh Hadits, Mufti, Qadhi, Ahli Tafsir, Ahli Hadits, Da’i, Muballigh dan Tokoh-tokoh Ilmu dan Amal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar