Pages

Senin, 11 Juli 2016

257. MENGENAL MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYYA (3)

Foto Maulana Muhammad Zakariyya An Kandahlawi


3. MENGENAL PENDIDIKAN MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYYA
Maulana Muhammad Zakariyya dibesarkan dalam sebuah keluarga yang zuhud dan sederhana. Ayah, Ibu dan Kakeknya sangat menyayanginya dan mempunyai semangat yang tinggi untuk menjadikan beliau sebagai seorang yang benar-benar dekat dengan Allahsubhanahu wa ta’ala dan mencontoh sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Keluarganya mengusahakan agar beliau memiliki kefahaman terhadap ilmu agama dan tidak terlalu mencintai dunia. Beliau dididik agar menjadi orang yang dermawan terutama dalam membelanjakan harta di jalan Allah subhanahu wa ta’ala.
Pada usia dua tahun (1318 H atau 1900 M), Muhammad  Zakariyya mengikuti ayahnya, pindah ke Gangoh, di mana ayahnya tinggal bersama Maulana Rashid Ahmad Gangohi. Di Gangoh, Muhammad Zakariyya adalah salah satu dari delapan puluh siswa yang belajar di madrasah ayahnya. Maulana Gangohi meninggal dunia pada 8 Jumada ath-Thani 1323 H (11 Agustus 1905), ketika Muhammad Zakaria berumur  tujuh tahun.
Pada mulanya, Muhammad Zakariyya belajar membaca kitab kepada Hakim Abdur Rahman dari Muzaffar Nagar, dokter shaleh, beliau belajar Qa`idah Baghdadi, dan belajar tulisan Arab. Kemudian belajar menghafal Al-Quran di bawah asuhan langsung ayahandanya, Maulana Muhammad Yahya, seorang ulama besar yang sangat terkenal di India. Beliau telah hafal Al Quran 30 juz sebelum usia baligh, yaitu dalam usia 7 tahun. Ayahnya memiliki metode pendidikan tahfizhul Quran dengan menyuruhnya mengulang-ulang satu ayat sebanyak 100 kali, kemudian disimakkan kepadanya. Ayahnya melarang bergaul dengan orang banyak,  sehingga beliau menjadi hafizh Al Quran dalam usia sangat muda. Setelah itu setiap harinya, Maulana Muhammad Zakariyya kecil sudah diharuskan mengkhatamkan Al Quran sekali sehari, yaitu sebelum Zhuhur. Beliau harus sudah membaca 30 juz Al Quran di luar kepala, baru beliau akan dibolehkan makan siang.
Ayahandanya mempunyai kaidah dan cara tersendiri dalam memastikan beliau memiliki ciri-ciri kepimpinan dengan intelektual tinggi, keterampilan yang progresif dengan paduan antara akhlak dan kewibawaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Tamparan dan pukulan mendidik dari ayahnya, merupakan perkara biasa bagi dirinya, sehingga beliau nyatakan di dalam kitabnya Aap Beeti. Beliau sangat berterima kasih kepada ayahnya, berkat hasil didikan yang cukup keras, yang diiringi dengan kesabaran dan ketabahan beliau menghadapinya, merupakan faktor terbentuknya kebijaksanaan dan kepakaran beliau dalam ilmu agama, khususnya dalam bidang hadits.
Setelah menjadi Hafizh Al Quran, beliau belajar Bahisti Zewar, Hamasah dan buku-buku lain dalam bahasa Urdu dan Persia yang diajarkan oleh pamannya, Maulana Muhammad Ilyas, pelopor gerakan Usaha Dakwah dan Tabligh. Sedangkan buku-buku tata bahasa Arab (sharaf dan nahwu) diajarkan oleh ayahnya.
Pada usia 12 tahun, pada bulan Rajab 1328 H (Juli 1910 M), Muhammad Zakariyya dibawa oleh ayahnya ke Madrasah Mazahirul Ulum Saharanpur, dimana ayahnya telah pindah untuk mengajar hadits atas permintaan Khalil Ahmad Saharanpuri. Di bawah bimbingan ayahnya, beliau mempelajari bahasa Arab tingkat lanjutan, teks-teks klasik, nahwu, sharaf dan ilmu mantiq. Pada masa itu pun, beliau sudah belajar kitab fiqih madzhab Hanafi; Behesti Zewar,  Sarf-i Mir, Panj Ganj, Fusul-i Akbari, Kafiyah, Qasidah Burdah, Qasidah Banat Su`ad, 30 juz ' dari Al-Qur'an dan koleksi 40 hadits. Gurunya dalam ilmu rasional adalah Maulana `Abd al-Wahid Sanbhali dan Maulana` Abd al-Latif, yang merupakan direktur madrasah. Dan sejak Rajab 1328 H (usia 13 tahun), beliau mulai melanjutkan belajarnya di Darul Ulum Saharanpur.
Picture
Madrasah Mazahirul Ulum Saharanpur
Maulana Muhammad Zakariyya sangat beruntung hidup sezaman dengan Imam Rabbani Syaikh Gangohi dan berpeluang bergaul serta bermuamalah dengan Syaikh Gangohi dan ulama’ yang lain. Beliau memperoleh keberkahan do’a dan keberkahan berkumpul dengan ulama’, yang berpegang teguh dengan agama Allah, dari golongan fuqaha’, muhadditsin dan mereka yang dekat dengan Allah. Beliau memiliki potensi yang besar menjadi seorang pemuda yang shaleh, bertaqwa, berkarisma menarik serta memiliki hati sanubari yang suci dan murni, serta terpelihara daripada hal-hal yang merusak sendi-sendi keimanan dan amal shaleh, dengan perisai yang sangat kokoh.
Ketika usianya memasuki 17 – 18 tahun, yaitu tahun 1333 H (1914/1915 M), minat utamanya mulai terfokus pada bidang kajian ilmu hadits, yang dikenal sebagai Dawrah hadits. Beliau melibatkan diri dalam studi intensif hadits. Beliau sangat ketat dan jeli, tidak pernah kehilangan pelajaran dan selalu belajar dalam keadaan suci (ada wudhu’). Beliau mempelajari enam koleksi hadits utama di bawah ayahnya, dengan pengecualian Sunan ibn Majah, yang  belajar dengan Maulana Thabit `Ali. Sebelum pelajaran dimulai, ayahnya selalu mandi dan shalat 2 rakaat. Ketika ayahnya mengajar, Muhammad Zakariyya diperlakukan berbeda dari siswa lain. Misalnya, ketika mempelajari koleksi hadits Mishkat al-Mashabih, beliau tidak diizinkan untuk menyebut Mazhar-i Haq, terjemahan dan komentar Urdu nya. Aturan lain dalam studi itu bahwa ia harus menyatakan apakah sebuah hadis konsisten dengan fiqih Hanafi fiqh atau tidak. Beliau menyelesaikan studinya dan lulus pada 1333 H (1915) dengan hasil yang istimewa.
Tahun 1333 H (1915 M), Muhammad Zakariyya memberi bai'at (sumpah setia kepada Syaikh Sufi) di tangan Khalil Ahmad Saharanpuri sebelum pergi untuk untuk kedua kalinya ke Hijaz.
Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri kembali ke India pada waktu yang sama. Dalam 1334 H (1916 M), ia meminta Muhammad Zakariyya untuk mempelajari kitab Shahih al-Bukhari dan Jami` di-Tirmidzi kedua kalinya dengan dia. Dalam masa belajar atau pendidikan, Maulana Muhammad Zakariyya telah dikenalkan dengan  penulisan sebuah kitab, di mana beliau menjadi penulis dan penyunting kitab Baz al-Majhud, syarah Sunan Abu Daud, hasil karya Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri. Beliau menjadi murid Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri hingga guru beliau meninggal dunia di Madinah al-Munawwarah pada 1346 H. Jenazahnya dikebumikan di tanah perkuburan Baqi’. Sebelum wafat Maulana Khalil Ahmad telah menyatakan hasratnya kepada Maulana Zakariyya, supaya membantunya menghasilkan sebuah kitab Syarah Sunan Abu Daud yang diberi nama Baz al-Majhud, karena merasa lemah untuk menulisnya sendiri, disebabkan faktor usianya yang telah lanjut dan uzur. Tawaran berharga yang diberikan oleh gurunya itu tidak disia-siakan, karena selain dapat membantu gurunyanya menghasilkan kitab yang bernilai tinggi, juga dapat mengasah dan mempertingkatkan kemahiran penulisannya dengan lebih ivovatif, kreatif dan efektif.
Peranan beliau dalam membantu gurunya, menghasilkan penulisan Baz al-Majhud ialah dengan mencari kitab dan artikel ilmiah yang ditetapkan oleh Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri, baik yang berada di maktabah atau yang terdapat di Mazahir al-Ulum dan di luar madrasah.  Kemudian beliau menukil fakta-fakta yang sesuai, lalu menyampaikan kepada gurunya untuk disimak dan dikaji, dan dibuat penyusunan fakta. Apabila fakta dan komentar tersebut telah siap disusun gurunya, kemudian akan didektekan kepada beliau, maka beliau akan menulisnya sesuai dengan apa yang dibaca oleh gurunya. Dengan semangat, komitmen dan ketekunan yang gigih dalam penulisan ini, maka kitab ini dapat disempurnakan dan diterbitkan. Semenjak itu Maulana Zakariyya memperoleh keberkahan dan kebaikan dari gurunya, di mana beliau menjadi khalifah dan naib kepada Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri, dan namanya diabadikan di dalam prakata kitab tersebut, seperti berikut ini :
Saya telah meminta tolong beberapa orang sahabat saya yang ternama, di antaranya adalah saudara dan penyejuk mata hati saya Haji Hafidz Mulwi Muhammad Zakariyya al-Kandahlawi, dalam menghasilkan kitab Baz al-Majhud dan beliau menyetujuinya. Saya tidak ada kekuatan menulis dengan tangan, disebabkan senantiasa menggetar dan tubuh yang mulai lemah. Oleh karena itu saya akan mengimlakan kepadanya dan dia yang menulisnya. Dialah yang mencari maklumat dan fakta yang rumit yang dijumpai di dalam sumber rujukan. Saya memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan usaha dan komitmen yang diberikan, agar mengurniakan kepadanya pahala dan keberkatan yang terbaik atas usaha yang telah beliau sumbangkan dalam mensukseskan penerbitan kitab ini.
Tempat belajar Maulana Muhammad Zakariyya
     Mimpi Maulana Muhammad Zakariyya.
Suatu ketika, Maulana Zakariyya bermimpi, dimana beliau melihat satu timbunan kitab-kitab yang membentuk satu kubah masjid. Mimpi itu diberitahukan kepada ayahnya. Ayahnya kemudian menafsirkan mimpi tersebut, katanya, “Insya Allah, Allah subhanahu wa ta’ala akan memberikan kepadamu kefahaman yang luar biasa.”Maulana Muhammad Zakariyya kemudian menulisnya dalam bukunya "Aap Beti", bahwa demikian yang terjadi pada dirinya. Beliau telah membaca beribu-beribu kitab dan beliau dapat memahami setiap kitab yang dibacanya dengan baik. Kisah  ini diceritakan di dalam bab "nikmat-nikmat Allah subhanahu wa ta’ala"
Para ulama pengajar pesantren di India dan Pakistan,
Mereka mengutamakan mata pelajaran tazkiyah bagi para santrinya.
Maulana Muhammad Zakariyya selalu menjaga adab-adab dalam masa belajar,
Menjaga kesucian, senantiasa menjaga wudhu’ dan memperbaharuinya manakala batal.
Guru beliau merupakan ulama pakar dalam ilmu hadits dan ilmu fiqih,
Yang mempunyai kepribadian dan kerohaniaan yang tinggi.
Muhammad bin Sirin berkata: “Sesungguhnya ilmu itu adalah tingkah laku,
maka perhatikan dari siapakah kalian mengambil tingkah laku.”
Dan Abu Hanifah mengatakan: “Aku mendapatinya Hammad bin Sulaiman,
sebagai guru yang tenang, baik budi dan sabar.”
Maulana Muhammad Zakariyya ketika memasuki tahun akhir pengajian hadits,
beliau tidak akan meninggalkan sebuah hadits, tanpa berguru.
Beliau mengutamakan kehadiran dan berguru semasa menuntut ilmu hadits,
Sehingga ilmu yang dituntutnya mendapat keberkahan sepanjang masa.
     Pendapat Ahli Tentang Pentingnya Sanad Hadits
Persanadan merupakan satu-satunya ilmu pengetahuan untuk mencari sumber berita, yang tidak didapatkan pada agama lain selain agama Islam. Sistem sanad secara sistematis muncul semenjak terjadinya fitnah di kalangan umat Islam, sebagai akibat adanya konflik,dimana sebelumnya, persanadan belum berkembang. Namun demikian, dalam persyaratan hadits secara tidak langsung telah terjadi sistem sanad. Maka, tidaklah mengherankan jika sebagian ulama ada yang memasukkan isnad ke dalam bagian agama. Seperti dikutip oleh Imam Muslim (Juz I, hlm. 9), Ibnu Mubarak berkata:
الإسناد من الدين ولولا الإسناد لقال من شاء ما شاء
Isnad adalah sebagian dari agama. Seandainya tidak ada isnad, sungguh seseorang akan mengatakan apa saja yang ia ingin katakan.”
Imam Nawawi dalam kitab al-Tahdzîb mengatakan bahwa ilmu hadits ini, senantiasa dipelihara oleh orang-orang yang adil dan pada setiap masa akan ada segolongan orang yang adil yang mendukung hadits dan menolak segala perubahan-perubahan yang disisipkan orang ke dalamnya. Bahkan Sufyan ats-Tsauri menganggap isnâd merupakan alat yang paling menentukan dalam menunjukkan kemurnian hadits. Beliau berkata:
الإسناد سلاح المؤمن فإذا لم يكن معه سلاح فبأي سلاح يقاتل
Isnâddapat diumpamakan dengan pedangnya orang beriman. Apabila tidak memiliki pedang, dengan senjata apakah ia akan membunuh”.
Oleh karena itu, kurang lengkaplah apabila seseorang yang mempelajari hadits tanpa mempelajari sanadnya. Imam Asy-Syafi’i mengatakan bahwa mempelajari isnâd adalah sangat penting. Karena itu, seorang yang mempelajari hadis tanpa mempelajari isnâd diibaratkan seperti seorang pencari kayu bakar pada malam hari :
)مثل الذي يطلب الحديث بلا حديث كمثل حطب ليل(
Di samping itu, tidak dapat dipungkiri bahwa sanad telah memperkokoh dan mempertahankan Islam dan ajarannya. Seandainya tidak ada ulama yang memberikan perhatian dan menghapal sanad dengan sungguh-sungguh niscaya akan pudarlah agama Islam, minimal keaslian ajarannya akan hilang. Hal itu karena hadits bisa menjadi lahan mudah bagi masuknya pemalsuan demi menghancurkan bangunan Islam. Ibn Shaleh, seperti dikutip Hasbi (1958: 37) pernah berkata:
لولا توفر طائفة من المحدثين على حفظ الإسناد لدرس منار الإسلام
Jika sekiranya tidak ada perhatian yang sungguh-sungguh dari sebagian muhadditsin dalam menjaga isnâd tentu sudah lenyaplah kejayaan Islam itu”.
Pendapat para ulama tersebut membuktikan betapa pentingnya sanad dalam pencarian sumber asli suatu berita (hadits). Dengan demikian, dapat diketahui bahwa pengalihan berita dari seseorang yang dapat dipercaya kepada orang yang dapat dipercaya hingga sampai kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dengan sanad yang bersambungan merupakan pemberian dari Allah subhanahu wa ta’ala kepada umat Islam dan tidak diberikan kepada orang lain. Hal ini sesuai dengan perkataan Abu Hatim ar-Razi, “Tidak ada suatu umat pun semenjak Adam yang mempunyai orang-orang kepercayaan (yang dapat dipertanggungjawabkan) yang dapat memelihara atsâr para rasul (perkataan nabinya) selain umat ini (Islam).”
Setelah Maulana Muhammad Zakariyya dianggap selesai dalam pendidikan, kemudian beliau mendapatkan izin untuk mengajar hadits tahun 1340H (1922M). Semua periwayatan sanad pengajaran hadits  dan keizinan talian para masyaikh adalah melalui Musnid al-Hind Hakimul Islam Syah Waliyyullah Dehlawi (1703-1762 M), yang masih keturunan dari Sayyidina Umar radhiyallahu ‘anhu (masih nasab Quraisy). Beliau telah mencatat seluruh rantaian-rantaian keizinan pengajaran hadits di India melalui hantaran surat-surat kepada semua madrasah, dengan tujuan; apakah terdapat sanad daripada Syah Waliyyullah  di dalam rantaian sanad mereka?
Akhirnya, beliau mendapati bahwa tiada satu pun jawaban daripada madrasah-madrasah di India yang tidak mempunyai sanad Syah Waliyyullah. Semuanya mempunyai hubungan talian yang sampai kepada Syah Waliyyullah Dehlawi. Guru beliau sendiri, yaitu Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri (1852-1927 M) juga mempunyai sanad daripada keluarga Syah Waliyyullah dan para masyaikh di Makkah, sebagaimana diterangkan di dalam muqaddimah Bazl al-Majhud, Lami’ ad-Darari dan Awjaz al-Masalik. Dengan ini, Maulana Muhammad Zakariyya selalu menamakan Shah Waliyyullah Dehlawi sebagai Musnid al-Hind. (Aap Beeti 5. hlm. 154-155.)
     Salah satu contoh silsilah sanad Maulana Muhammad Zakariyya, bersambung hingga Imam Bukhari dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
Rasulullah shallallah ‘alaihi wasallam
||
Abdullah bin ‘Umar bin al-Ash radhiyallahu ‘anhu
||
Abu Qasiyyah rahmatullah ‘alaih
||
Hassan bin Autiyyah rahmatullah ‘alaih
||
Auza’i rahmatullah ‘alaih
||
Dahhak bin Makhlash rahmatullah ‘alaih
||
Amirul Mukminin Fi Hadits wa Imamul Muhaditsin,
Muhammad bin Isamail bin Al-Barzabah Al-Bukhari rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Yusuf Al-Qarbawi rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Ahmad At-Tarukhi rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad Abdullah Muhammad bin Muzaffar Al-Ra’udi rahmatullah ‘alaih
||
Abdul Awwal Abdul Rahman bin Isa al-Harawi rahmatullah ‘alaih
||
Abu Hussain bin Mubarak Al-jabiili rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Ibrahim At-Tanukhi rahmatullah ‘alaih
||
Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Hajar Al-Ashqalani Al-Khinani rahmatullah ‘alaih
||
Zainul Abidin Muhammad bin Zakariyya Al-Ansari rahmatullah ‘alaih
||
Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Ar-Romawi rahmatullah ‘alaih
||
Muhammad bin Ahmad bin Quddus rahmatullah ‘alaih
||
Ahmad Al-Qusyayi rahmatullah ‘alaih
||
Ibrahim Al-Qurdi rahmatullah ‘alaih
||
Abu Tahir bin Ibrahim Al-Qurdi rahmatullah ‘alaih
||
Maulana Muhammad bin Abdul Rahim rahmatullah ‘alaih
||
Syah Waliyullah Muhaditsin Al-Dehlawi rahmatullah ‘alaih (1703-1762 M)
||
Maulana Abdul Aziz Al-Dehlawi rahmatullah ‘alaih (1745-1823 M)
||
Maulana Muhammad Bin Ishaq Al-Dehlawi rahmatullah ‘alaih (1783-1846 M)
||
Syah Abdul Qayyum Al Budhanwi rahmatullah ‘alaih (-1881 M)
||
Maulana Khalil Ahmad Saharanpuri rahmatullah ‘alaih (1853-1927 M)
||
Maulana Muhammad Zakariyya rahmatullah ‘alaih (1898-1982 M)
||
Maulana Yunus Jaunpuri al Mazahiri hafidzallah (-2015 M masih hidup)
Pada tanggal 10 DzulQa'da 1334 H (9 Agustus 1925), saat Maulana Zakariyya berumur 19 tahun, ayah kesayangannya wafat. Maulana Zakariyya merasa kehilangan, bukan hanya kehilangan seorang ayah, tetapi juga sebagai guru dan mentor. Semasa hidupnya Maulana Muhammad Yahya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya mengelola sebuah toko buku/kitab, yang akhirnya menjadi warisan bagi Maulana Muhammad Zakariyya. Perlu diketahui bahwa ayah beliau semasa menjadi guru di Madrasah Mazahirul ‘Ulum, Saharanpur, beliau tidak mengambil upah atau gaji bulanan, walaupun telah didesak beberapa kali untuk menerimanya karena niatnya yang suci dan murni semata-mata untuk mendapatkan keridhaan Allah subhanahu wa ta’ala.
 
Toko buku milik ayah Maulana Muhammad Zakariyya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar