Pages

Senin, 11 Juli 2016

258. MENGENAL MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYYA (4)

Foto Maulana Muhammad Zakariyya An Kandahlawi
4. MENGENAL MAULANA MUHAMMAD ZAKARIYYA MENGAJAR.
Sejak lulus dari Darul Ulum Saharanpur pada usia 20 tahun (1335 H), karena prestasinya yang luar biasa dalam bidang hadits dan ilmu-ilmu lainnya, maka beliau mulai diserahi kesibukan mengajar. Pertama kali, beliau mengajar di Mazahir Ulum pada tanggal 1 Muharram 1335 H (29 Oktober 1916). Beliau merupakan tenaga pengajar paling muda. Beliau awalnya ditugaskan untuk mengajar buku tentang tata bahasa Arab, morfologi, dan sastra, serta beberapa teks utama hukum Islam. Kemudian mengajar kitab-kitab hadits dan kitab dawrah lainnya.
Buku-buku awal ia ditugaskan mengajar 'Ilm As-ighah, Mi'at' amil manzum, amil Sharh mi'at', Khulashah nahw Mir, Nafhat al-yaman, Munyat al-musalli, Usul abu-Shashi, dan Qala aqul. Istilah berikutnya, dari Syawal 1335 H (1917), beliau mengajar Mirqat, Quduri, Sharh Tahdhib, Kafiyah Nur al-Idah, ushul abu-Shashi, Syarah Jami, Bahth fa'l, Bahth isme, 'Ajab al-'ujab , dan Nafht al-yaman. Pada bulan Syawal 1336 H (1918) ada promosi lebih lanjut; beliau diberi buku yang lebih tinggi termasuk maqamat, Sab'ah mu'allaqah, Qutbi, Mir Qutbi, dan Kanz ad-daqa'iq. Pada bulan Syawal 1337 H (1919) ia diberi Hamasah dan hidayah awwalin. Pada akhir bulan Syaban 1338 H (1920), beliau bepergian dengan Khalil Ahmad Saharanpuri ke Hijaz. Ia kembali ke Saharanpur di Safar 1339 H (1920).
Kitab-kitab yang diajarkan beliau setiap beberapa tahun ke depan tidak dicatat secara rinci, namun ia menulis bahwa ia diberi Qutbi, Mir Qutbi, Tahdhib, dan Syarh Tahdhib hampir setiap tahun, dan sebagai guru yang lebih senior beliau tidak menyukai mengajar mantiq (logika). Dia juga mengajarkan Hidayah awwalin total tiga kali, dan Nur al-Anwar diikuti oleh Husami tiga kali.
Mulai tahun 1341 H (1923), ketika berusia 26 tahun, beliau diberi tugas mengajar kitab-kitab hadits. Kemudian ada instruksi dari Maulana Khalil Ahmad, pada bulan Rajab 1341 H (1923), agar Muhammad Zakariyya mengajar tiga bagian dari Shahih al-Bukhari, yang sebelumnya dipegang oleg direktur madrasah yaitu Maulana Abdul Latif. Selama tiga tahun, dari Syawal 1341 H hingga Sya’ban 1344 H (1923-1926), beliau diberi tambahan untuk mengajar Mishkat al-Mashabih. Pada bulan Syawal 1344 H (1926), beliau melakukan perjalanan sekali lagi ke Hijaz, dan tinggal tinggal di sana lebih dari setahun. Setelah melakukan haji, beliau tiba di Madinah pada bulan Muharram 1345 H (1926). Selama tinggal di Madinah, beliau mengajar Sunan Abu Dawud di Madrasah al-`Ulum abu-Shar`iyah.
Setelah beliau kembali ke Saharanpur pada bulan Safar 1346 H (1927), pelajaran kitab Sunan Abu Dawud dilimpahkan dari Maulana Abdul Latif kepada beliau. Pada tahun itu juga beliau mengajar kitab Sunan an-Nasa'i, Muwatta’ Imam Malik dalam transmisi abu-Shaybani, dan bagian 12 sampai 16 dari Shahih al-Bukhari. Setelah Idul Adha volume pertama Shahih al-Bukhari dilimpahkan kepada Muhammad Zakariya, sedangkan volume kedua tetap dengan dipegang oleh Maulana Abdul Latif. Dari bulan Safar 1346 H dan seterusnya, bliau juga mengajar Jami 'at-Tirmidzi, Shahih Muslim, dan buku dawrah lainnya ketika guru yang lain berhalangan sakit atau bepergian.
Pada tahun 1373 H (1954), ketika Maulana Abdul Latif mengadakan perjalanan, maka Muhammad Zakariyya diberi tugas untuk mengajar seluruh volume al Bukhari, di samping mengajar Abu Dawud. Pengaturan yang sama juga dibuat pada tahun 1374 H (1955), ketika Maulana Abdul Latif sakit. Pada tahun 1375 H (1956), setelah kematian Maulana Abdul Latif, Sunan Abu Dawud dilimpahkan ke Maulana As'adullah, dan Shahih al-Bukhari dilimpahkan ke Maulana Muhammaad Zakariyya.
Maulana Muhammad Zakariyya terus mengajar sampai tahun 1388 H (1968), ketika beliau mengalami katarak. Selama 54 tahun, sejak tahun 1335 H hingga 1388 H, beliau telah mengajar 35 kitab dalam berbagai bidang ilmu, dari ilmu-ilmu dasar, hingga fiqih dan hadits secara khusus. Bahkan beliau telah mengajar seluruh kitab yang menjadi sillabus di madrasah tersebut. Dari semua kitab yang diajarkan, beliau telah berkali kali menamatkannya dalam pelajaran, diantaranya : kitab Nur al-Anwar sebanyak tiga kali, shahih Bukhari tamat sebanyak 16 kali, Bukhari jilid I tamat 50 kali, Sunan Abu Dawud tamat 30 kali, Misykatul Mashabih tamat 3 kali, kitab al-Jami’ al-Musnad al-Shahih al-Mukhtasar Min Hadits Rasulullah Wa Sunnah Wa Ayyamih keseluruhan nya sebanyak enam belas kali dan kitab-kitab lainnya yang telah beliau pelajari dan ajarkan hingga tamat beberapa kali.
Maulana Muhammad Zakariyya pengajar di Madrasah Mazahir al-‘Ulum, Saharapur dari tahun 1335 H (1916 M) ketika berusia 20 tahun sehingga 1388H (1968 M), ketika berusia 72 tahun yaitu dalam jangka masa 52 tahun, beliau berbakti dalam arena pendidikan dan pengajaran. Sungguhpun beliau pernah mengajar dan mendapat tawaran mengajar di beberapa buah institusi agama yang lain, Mazahir al-‘Ulum, Saharapur merupakan tempat paling lama beliau mengajar dan berkhidmat. Mazahir al-‘Ulum merupakan sekolah lama beliau di mana selama 11 tahun, beliau belajar di madrasah tersebut.
Abu al-Hasan Nadwi berkata meskipun Maulana Muhammad Zakariyya adalah salah seorang guru yang paling muda di Mazahir al-‘Ulum, dia telah dipilih untuk mengajar pelajaran yang belum pernah ditugaskan kepada guru lain yang sama umur dengannya pada ketika itu. Beliau bukan saja menunjukkan kebolehannya menjadi seorang guru yang berdidikasi dan berketerampilan tinggi, bahkan mampu menghasilkan hasil karangan yang mempunyai kualitas yang tinggi. Pada tahun 1345 H, beliau berkesempatan pergi ke kota Madinah al-Munawwarah selama setahun. Di sana beliau telah ditugaskan mengajar kitab Sunan Abu Daud di Institut Agama al-Syariah, Madinah al-Munawwarah. Semasa di sana beliau memulai penulisan Awjaz al-Masalik ila Muwatta’ Imam Malik, dimana beliau pada ketika itu berumur 29 tahun.
Perpustakaan pribadi Maulana Muhammad Zakariyya
Ketika beliau kembali ke India, beliau telah diminta untuk mengajar kembali di Mazahir al-‘Ulum. Sillabus yang diberikan kepadanya ialah mengajar kitab Sunan Abu Daud, Sunan al-Nasai, Muwatta’ Imam Muhammad dan sebagian kitab al-Jami’ al-Musnad al-Shahih al-Mukhtasar Min Hadits Rasulullah Wa Sunnah Wa Ayyamih, tetapi setelah wafatnya ketua Mazahir al-‘Ulum, beliau ditugaskan mengajar seluruh shahih al-Bukhari. Beliau tidak hanya rutin mengajar ilmu hadits, tetapi jiwa, raga, semangat dan seluruh kehidupannya ditumpukan kepada hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan perkembangannya. Beliau menjadi tenaga pengajar Mazahir al-‘Ulum sehingga 1388 H dan terpaksa berhenti mengajar sebagai guru hadits disebabkan matanya ditumbuhi katarak.
Banyak dari kalangan penuntut ilmu telah berhasil menamatkan pelajaran hadits melalui beliau dan memperdengarkan pelajaran mereka di hadapannya, yaitu dengan sistem talaqi. Banyak juga di antara mereka yang mengikuti langkah beliau, berkhidmat untuk agama dan penyebaran ilmu agama ke berbagai tempat. Di samping itu, banyak murid-murid beliau setelah tamat pendidikan dan pelajaran melalui beliau, hati sanubari mereka disinarai makrifah Allah, sehingga mereka telah berbai’ah dan janji setia melalui tangan beliau yang mulia, mempelajari ilmu suluk dan ilmu tasawuf secara khusus dan dengan nikmat Allah subhanahu wa ta’ala telah berhasil mencapai derajat kerohanian yang tinggi dalam ilmu tersebut.
Terdapat juga di antara mereka yang mewaqafkan seluruh kehidupan mereka untuk usaha atas agama Allah subhanahu wa ta’ala dengan perantaraan bermujahadah, melapangkan masa keluar di jalan Allah subhanahu wa ta’ala. Mereka dengan ikhlas meluangkan waktunya untuk menjumpai orang-orang islam yang jauh dari agama Allah, supaya mereka mengamalkan dan menjalankan seluruh perintah Allah dalam kehidupannya serta menjadi da’inya Allah. Yang diusahakan dan diharapkan hanya satu yaitu agar orang-orang Islam faham bahwa waktu, harta dan diri mereka, bukan kepunyaan mereka, tetapi kepunyaan Allah subhanahu wa ta’ala. Allah menghendaki agar semua orang Islam mau mengorbankan waktu, diri dan hartanya untuk keluar di jalan Allah subhanahu wa ta’ala ke seluruh dunia, agar mau bermujahadah dan susah payah untuk agama Allah, sehingga akan membuka rahmat Allah subhanahu wa ta’ala dan hidayah dapat tersebar ke seluruh alam.
Sebagai Pengajar Hadits Maulana Muhammad Zakariyya adalah :
Seorang yang zuhud, taat dan patuh kepada sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Beliau tidak mengunakan agama untuk mendapatkan kekayaan dan kesenangan hidup, walaupun peluang ke arah tersebut terbentang luas baginya.
Beliau mengajar ilmu/hadits di Madrasah Mazahir al-‘Ulum dan lainnya lebih dari 50 tahun,
 Tetapi beliau tidak mengambil gaji dari pekerjaannya sebagai tenaga pengajar,
walaupun pihak madrasah telah memberikan baginya gaji bulanan,
dan beliau mengembalikannya sebagai sedekah kepada madrasah.
Beliau pernah ditawarkan untuk bertugas sementara di Institut Da-iratul Ma’arif Madinah,
sebagai penulis kitab Asma al-Rijal bagi kitab hadits al-Imam al-Baihaqi,
dengan gaji bulanan yang cukup besar, namun begitu beliau menolaknya secara halus,
dengan jawaban “aku tidak ingin hidup di bawah ihsan orang lain”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar